Ekonomi Pariwisata Assignment II


TOPIK DISKUSI 

Apakah manfaat dan masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap :
a. Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat)?
b. Negara dengan perekonomian sedang berkembang

Jawab :
Kepariwisataan mempunyai berbagai dampak ekonomi. Secara formal, para ahli membedakan dampak ekonomi yang terjadi karena kegiatan pariwisata (pengembangan Club Med) termasuk pengembangan Club Med terdiri dari :Ƙ  Efek Langsung (Direct Effects)Ƙ  Efek Tidak Langsung (Indirect Effects)Ƙ  Efek Induksi (Induced Effects)
Kegiatan pariwisata (pengembangan Club Med) memberikan manfaat pada penjualan, keuntungan, lapangan kerja, pendapatan pajak dan penghasilan dalam suatu daerah. Dampak yang paling dirasakan langsung, terjadi di dalam sub-sektor pariwisata primer, seperti :penginapan, restoran, angkutan, hiburan dan perdagangan eceran (retail). Dan pada sub-sektor sekundernya akan berpengaruh pada sebagian besar sektor ekonomi.

            Analisis dampak ekonomi kegiatan pariwisata (pengembangan Club Med) umumnya berfokus pada perubahan penjualan, penghasilan dan penempatan tenaga kerja di daerah yangbersangkutan yang akan terjadi akibat kegiatan pariwisata (pengembangan Club Med). Analisis dampak ekonomi pariwisata menelusuri dari aliran uang belanja wisatawan, yaitu :
·         Kalangan usaha dan badan-badan pemerintah selaku penerima pengeluaran wisatawan.·         Bidang Usaha lainnya selaku pemasok (supplier) barang dan jasa kepada usaha pariwisata.·         Rumah Tangga selaku penerima penghasilan dari pekerjaan di bidang pariwisata dan industri penunjangnya.·         Pemerintah melalui berbagai pajak dan pungutan (resmi) dari wisatawan, usaha dan rumah tangga.
            Perubahan produksi sehubungan dengan dampak langsung atas perubahan belanja wisatawan. 
Indirect Effects adalah perubahan produksi yang dihasilkan dari pembelanjaan berbagai tahap berikutnya dari penerimaan hotel kepada industri para pemasoknya, yaitu pemasok barang dan jasa kepada hotel, misalnya : perubahan penjualan, lapangan kerja dan penghasilan dalam industri linen (sprei, selimut, bed-cover, handuk, taplak dan lainnya) salah satu dari efek tidak langsung (indirect effect) dari perubahan penjualan hotel.

            Induced Effects yaitu perubahan dalam kegiatan ekonomi yang terjadi karena belanja rumah tangga dari penghasilan yang diperoleh langsung atau tidak langsung dari belanja wisatawan, misalnya : karyawan hotel dan industri linen. Melalui efek tidak langsung dan efek induksi, perubahan belanja wisatawan dapat mempengaruhi berbagai tiap sektor ekonomi. Besaran efek sekunder tergantung pada kecenderungan usaha dan rumah tangga di daerah tersebut untuk membeli barang dan jasa dari pemasok lokal. Pemakai terakhir (Final demand) merupakan istilah yang digunakan oleh para ekonom untuk penjualan kepada konsumen terakhir. Pemakai terakhir barang dan jasa pariwisata adalah rumah tangga, yaitu rumah tangga para wisatawan, para karyawan, pegawai negeri, para pengusaha, para petani, para peternak dsb.

 Manfaat ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat) :
1)   Mendatangkan banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Club Med sehingga menimbulkan peningkatan devisa Negara bidang pariwisata
2)   Membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar Club Med
3)   Memiliki posisi yang bersaing di pasar Amerika
4)   Bahwa produk yang dimiliki Club Med memiliki kekuatan dan konsep yang lebih menarik dari paket lainnya di pasaran
5)   Menjaga kelestarian alam sekitar karena konsep dari Club Med itu sendiri adalah pedesaan.
6)   Merk Club Med yang sudah terkenal di seluruh dunia

Masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat) :
1)   Harga kamar di Club Med terlalu mahal sehingga untuk membangun loyalitas dan memenangkan pelanggan baru menjadi jauh lebih sulit
2)   Sistem pedesaan yang dibuat dan menjadi ciri khas dari Club Med sudah ketinggalan zaman
3)   Terlalu pendeknya musim liburan sehingga biaya menjadi mahal utuk bepergian ke pedesaan
4)   Perbandingan gaji karyawan yang tinggi
5)   Club Med mengurangi karyawannya dikarenakan untuk membayar gaji karyawan di sektor lain. Sehingga menimbulkan bertambahnya pengangguran di Negara tersebut
6)   Menurunnya tingkat wisatawan asing yang berkunjung 


b.    Manfaat ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap Negara dengan perekonomian sedang berkembang :
1)   Mendatangkan banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Club Med sehingga menimbulkan peningkatan devisa Negara bidang pariwisata
2)   Membuat Negara tersebut lebih terkenal dari sebelumnya karena adanya cabang Club Med di Negaranya
3)   Meningkatkan merek dan menciptakan tingkatan produk baru dibawah ‘payung’ ClubMed
4)   Meningkatkan pertumbuhan pariwisata
5)   Dapat memperkenalkan budaya yang ada di Negara tersebut
6)   Untuk menigkatkan keuntungan, perusahaan telah memperkenalkan satu langkah yaitu memperpanjang musim di beberapa pedesaan, beberapa pedesaan itu dibuka hanya 3 bulan setiap tahunnya.

Masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap Negara dengan perekonomian sedang berkembang :
1)   Pemerintah membantu sebagian pendanaan pengembangan Club Med berdasarkan perjanjian kedua belah pihak
2)   Club Med menetapkan aturan-aturan, metode, standard-standar, produk serta mengendalikan pemasaran dan harga
3)   Manajemen merek yang tidak efektif
4)   Produknya terasa lebih mahal di Perancis
5)   Rata-rata pelanggan yang datang berasal dari kelas sosial yang tinggi dengan umur 20-30 tahun

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ryan Permata Putri © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers