Sebuah Perubahan : Based on Experience


Hey Bloggers Indonesia ! Balik lagi nih sama next story gue tapi kali ini ada temanya yaitu “perubahan”... 
Ngomong-ngomong tentang perubahan, gue pernah baca buku berjudul “my love” yang penulisnya adalah vidi yulius sinandar. Gue inget banget buku itu selain pemberian dari sahabat gue dulu, isinya juga menyentuh banget dan membuat gue selalu ingat tentang pesan-pesan yang ada didalamnya.

Ngomongin vidi yulius sinandar, dia merupakan sosok penulis pemuda  menginspirasi banget dari semua pengalaman dan ilmunya beliau mix menjadi karya yang brilian, ini gak bohong terbukti dengan best seller-nya buku dia.

Dan gue termasuk tipe orang yang suka banget sama pemuda-pemuda yang punya banyak segudang prestasi, misalnya kaya penulis-penulis raditya dika, arif muhammad ataupun sosok vidi yulius sinandar sendiri.

Dan pastinya gue suka sama hal yang berbau-bau dunia gue atau “passionnya” gue banget, misalnya kaya penyanyi solo, karena selain menulis hobby gue juga menyanyi. Hobi menyanyi ini sudah gue lakoni dari usia gue lima tahun. Mulai cinta dengan penyanyi solo yang bersuara khas, seperti halnya ketika gue kanak-kanak, gue suka dengan penyanyi cilik jaman gue seperti Tasya, Sherina, Joshua, Messy ataupun Cikita Medy..(jaman gue pasti tau penyanyi cilik ini).

Beranjak remaja passion gue bahkan gak berubah untuk mencintai penyanyi solo yang bersuara khas dan pastinya gue menyukai penyanyi yang usianya gakjauh dari gue ataupun setara dengan gue. Seperti halnya dulu jaman-jamannya indonesian idol ke 4 sampai ke 5 gue ikuti. Gue suka karena mereka pemuda berbakat semua dalam hal bernyanyi, apalagi ditambah soloist gak kaya boyband atau girlband yang lagi jaman-jamannya sekarang.

Nah, gue paling suka cari tau waktu itu tentang perkembangannya rini, ghea, iksan, dirly, gaby, giselle, monita sama marsya. Gue suka sama karaktsker suara mereka masing-masing yang membuat gue gakbosen kalo denger mereka nyanyi. Sebenernya masih banyak tapi gue lebih dominan punya koleksi lagu-lagu idol yang diatas.

Hingga sekarang pengetahuan gue tentang musik sudah agak sedikit dewasa dan matang juga gak ketinggalan bertambah luasnya koleksi lagu atau penyanyi soloist yang masuk dalam playlist gue. Mulai dari lokal gue punya koleksi albumnya Afgan, Vidi, Acha Septriasa, Rebecca, Gama Audrey Cantika, Raisa, Maudy Ayundya, Adera, Agnes Monica, Audy, Sammy Simorangkir, Tere dan masih banyak lagi penyanyi lainnya. Dan interlokalnya gue punya koleksi albumnya Justin Bieber, Rihanna, Kelly Clarkson, Taylor Swift, Christina Perri, Mariah Carey, Katty Perry, Jason Mras, Michale Buble sampai Lady Gaga

Waw..cerita diatas adalah sekilas cerita dari passion gue tentang musik ataupun menulis, sekarang mulai masuk topik nih, Janji deh...

Perubahan adalah suatu proses berubahnya seseorang atau hal menjadi buruk atau baik. Nah yang akan gue bahas disini adalah keduanya karena hidup ini harus diimbangi dengan yang baik ataupun yang buruk.

Sekilas gue jadi inget tentang “perubahan itu terjadi seketika”, ini pesan yang gue inget dari bukunya  Vidi Yulius Sinandar. Dia memaparkan bahwa perubahan itu selalu terjadi secara seketika karena faktor-faktor tertentu dan terjadi tanpa permisi terlebih dahulu.

Maaf nih, mungkin gue agak sedikit lupa pesen dari Vidi mengenai perubahan itu, belum pasti juga untuk ingatan gue dia memaparkannya hanya segitu ataukah ada perluasannya lagi.

Tapi otak gue langsung terbesit sebuah pikiran seperti ini. Bisa jadi statementnya vidi yang mengenai “Perubahan terjadi seketika” itu dialami oleh perubahan yang buruk saja bukan perubahan yang baik. Seperti halnya perubahan baik itu dapat berubah karena terjadi adanya suatu proses dimana proses itu terjadi bukan secara seketika melainkan secara terencana dan dilaksanakan bertahap. Sedangkan tepat sekali jika perubahan buruk itu terjad dengan secara seketika karena perubahan buruk terjadi tanpa rencana dan dengan seketika itu akan berubah tanpa permisi.

Gue punya tiga contoh hal yang terjadi dalam kehidupan gue. Pertama gue akan membahas mengenai perubahan buruk dari sosok seorang sahabat gue.

Ngomongin perubahan, pas banget nih sama hal satu ini. Gue selalu menyambung-nyambungkan hal yang menurut gue menarik. Misalnya gini, topik kali ini bicara tentang perubahan, dan sebelumnya gue bilang topik ini adalah topik yang dibahas oleh Vidi di bukunya dia yang my love. Buku my love sendiri adalah pemberian sahabat gue dulu banget. Dan perubahan itu sekarang terjadi dengan sosok sahabat gue itu. Tapi sayangnya perubahan ini adalah perubahan negatif. 

Hem.. penasaran kah? Tunggu..Tunggu...
Gue gak bakal banyak bicara tentang sosok sahabat gue ini hanya sekilas saja karena takutnya ini menjatuhkan ia, tapi tolong sebelum baca jangan berfikir negatif dulu ya. Gak semua hal yang negatif itu berujung negatif.

Singkat cerita sosok sahabat gue itu cowok. Pertama gue kenal dia disalah satu tempat bimbingan belajar di Jakarta. Kenapa gue bilang dia sahabat? Pertama, dia mempunyai sosok sebagai seorang sahabat sejati. Gue menemukan sosok sahabat sejati dari diri dia pas banget ketika dia memberikan gue sebuah buku karangan Vidi Yulius tersebut. Buat gue buku itu bukan hanya sekedar buku, gue suka buku itu karena gue melihatnya ada sosok sahabat gue yang tulus itu di buku tersebut yang ingin membantu gue. Waktu itu gue lagi terpuruk akan masalah gue, cuma dia teman yang paling memahami gue. Walaupun terbentang jarak antara jakarta dan jawa tengah tetapi dalam waktu seminggu ternyata dia serius mengirimkan buku itu untuk gue. Gue cuma pengen bilang makasih banyak buat kiriman bukunya, buku itu bermanfaat karena berkat lo.

Dan perubahan itu terjadi seketika, gak selamanya yang baik itu selalu baik. Kalau gue keinget tentang buku itu kaya sedih aja gitu sekarang sahabat sejati itu udah gak ada disosok diri dia. Berubah total menjadi 180derajat. Kalau masalah perubahan ini gakbisa banyak bicara, takutnya apa yang gue perkirakan menjadi boomerang buat gue. Kesimpulan simpel perubahan ini terjadi karena kesibukan dan kurangnya komunikasi dari masing-masing pihak.

Cuma ingin berkomentar aja sih, “Jika kamu telah menetapkan memilih menjadi sahabat untuk seseorang tetaplah menjadi sahabat. Seorang sahabat sejati adalah seorang yang tidak akan lupa akan sahabat lamanya”

Perubahan kedua terjadi pada pacar gue tercinta. Kalo dalam hal ini statementnya Vidi gak berlaku karena perubahan ini terjadi secara terencana, terproses dan bertahap.

Disini peran utamanya adalah gue, gue mempengaruhi seseorang agar menjadi apa yang gue mau, keliatannya egois tapi egois untuk kebaikan kenapa enggak? Dan disini egoisnya gue gak kelewatan juga,  gue masih fleksibel dan berdemokrasi sama pacar gue untuk berontak kalo dia memang gak nyaman atau gaksuka sama hal ini.

Mempengaruhi juga hampir dekat maknanya dengan hipnotis, bisa jadi gue menghipnotis pacar gue ini. Tapi kalo menghipnotisnya dalam hal positif gakpapa dong, iya kan?

Sebut aja pacar gue ini “AJ” ceritanya inisial, kalo mau cari tahu juga akan cepat diketahui kok. Ada pepatah bilang begini (sebenernya ini pepatah gue). “orang bijak adalah orang yang merubah hal atau seseorang yang buruk menjadi baik”. Kebalikan dari tadi, karena semua hal buruk gak selamanya buruk, semua itu bisa berubah menjadi hal baik dengan menggunakan proses dan tahap tergantung bagaimana cara orang tersebut mengolahnya.

Waktu pertama kali kenal AJ, dia termasuk tipe orang yang sembarangan.  Sembarangan dalam hal sikap, penampilan maupun perkataan dia. Karena gue mengerti sikap seseorang bisa tercipta dari latar belakang hobby atau lingkungan sekitar jadi gue dengan senang hati menerima perbedaan itu.

AJ termasuk anggota club motor yamaha scorpio, gue mulai memahami bahwa anak motor memang pada dasarnya sembarangan dalam hal apapun. Mulai dari penampilan yang seadanya, fleksibel dan gakmau ribet. Setelan kaos sama jeans aja itulah gaya penampilan mereka kalo lagi jalan. Mungkin mereka lebih fokus ribetnya ke motor mereka, segala perlengkapan safety riding harus betul-betul lengkap di cek dari helm, sarung tangan, jaket, rompi, masker, box atau perlengkapan lain di body motornya. Yang membuat mereka keren itu motor mereka bukan diri mereka.

Itu dari segi penampilan, dari segi sikap dan perkataan AJ bisa dibilang sembarangan. Waktu pertama kenal dia, perkataan kebun binatang keluar semua atau kata kotor lain mungkin bisa gue denger setiap dia lagi emosi. Sikapnya AJ juga sembarangan gak terarah, dia anak kuliahan yang belajarnya bolong-bolong sama kaya ibadahnya. Dan ia lebih suka menghabiskan waktunya dengan nongkrong sama temen-temennya dibanding belajar atau bekerja. Satu hal AJ dulu adalah perokok aktif.

Alhamdulilah sekarang AJ berubah 180 derajat menjadi manusia arif yang sesuai dengan namanya. Semua yang gue bilang itu perlahan bisa gue ganti dengan hal-hal yang positif.

Perubahan itu gue rasakan banget ketika hubungan gue sama dia berjalan 6 bulan. Bersyukur banget sekarang AJ sudah bisa berhenti merokok dan berhentinya merokok tersebut dimulai dari hubungan kita yang kedua. Jadi sudah 4 bulan dia berhasil tidak menyentuh rokok. AJ juga mulai meningkatkan imannya dengan rajin ibadah dan berpuasa senin kamis. Dia juga sekarang jadi lebih teratur dengan hidupnya dengan sering rajin menggali pengetahuan seluas-luasnya. Sudah bisa mengatur emosinya dan menjadi laki-laki yang baik kepada semua orang. Juga lebih bertanggung jawab terhadap keluarganya juga hal apapun. Bahkan sekarang AJ bisa membimbing dan mengingatkan hal-hal baik ke gue. Dan banyak perubahan positif lainnya yang gakbisa gue sebutin.

Bersyukur AJ bisa lebih bijak dan dewasa. Karena sesungguhnya kelak lelaki akan menjadi iman terhadap perempuannya jika sudah menikah. Beruntunglah perempuan yang telah menemukan imannya

Waw subhanallah putri bersyukur banget bisa dikasih kesempatan kenal sama AJ, “karena sesungguhnya orang yang baik adalah bukan ia yang baik pada masa lalunya tapi baik pada masa sekarang sekalipun masa lalunya ia itu buruk”

 Perubahan ketiga terjadi pada adik-adik tercinta. Menurut gue cerita yang ketiga ini lucu dan seperti mimpi. Karena perubahan positif ini awal mulanya didasari dari mimpi gue bagaimana caranya supaya adik-adik gue gak jajan sembarangan, menjaga kesehatan dan kebersihan tubuhnya.

Perubahan itu terjadi belum lama ini, sekitar dua minggu yang lalu gue sengaja mempresentasikan video yang gue aja belum lihat sebelumnya. Gue Cuma tahu ceritanya dari dosen gue tentang bahaya minum coca cola atau big cola. Memang statement dosen tersebut membuat gue jera dengan minuman tersebut dan membuat gue berniat untuk menyebarkan informasi ini.

Karena penasaran dengan statement dosen gue, gue langsung punya ide untuk mensearch video tersebut dan mempresentasikannya kepada ketiga adik gue, dua adik sepupu dan nenek gue. Video itu gue search dengan keyword “daging babi kalau disiram coca cola”. Munculah video yang bener-bener gue cari, buru-buru gue klik untuk melihatnya.

Gue memang bukan anak kuliahan jurusan gizi dan kesehatan sama halnya dosen gue. Dosen gue adalah dinas yang bekerja di sektor pariwisata dan gue adalah mahasiswi pariwisata. oCuma ia pernah diberitahu oleh rekannya mengenai minuman bersoda yang akan menciptakan belatung baru pada daging babi yang masih segar. Gak percaya?? Coba cari keyword tersebut di youtube dan lihat videonya sampai detik terakhir.

Diakhir video akan ada video belatung yang tumbuh menjadi besar di dalam tubuh manusia. Belatung tersebut tidak hanya satu tetapi berpuluh-puluh belatung besar mengesot di daging manusia yang segar seperti tulang dada manusia. Di dalam video juga dijelaskan bahwa daging babi yang disiram bereaksi dua jam kurang akan menimbulkan belatung kecil, sama halnya dengan daging manusia, bayangkan apalagi jika bertahun-tahun berada dalam tubuh manusia, belatung menjadi besar dan semakin banyak belatung di dalam tubuh manusia. Ibaratnya daging babi yang segar saja bisa membusuk dengan cairan bersodanya coca cola dalam dua jam, apalagi bertahun-tahun? Waw sungguh video tersebut membuat gue tambah ngeri. Ditambah ingat dengan pesan-pesan dosen gue bahwa ia sudah mengatakan tidak ingin meminum minuman bersoda lagi. Gue berterimakasih sekali sama dosen gue yang memberikan informasi tersebut

Hal tersebut membawa perubahan baik terhadap adik-adik dan keluarga besar gue setelah gue berhasil menghipnotis mereka dengan presentasi video tersebut. Awalnya memang cuma adik-adik dan nenek gue yang tahu. Tetapi nyatanya informasi tersebut mereka sampaikan kepada orang tua gue beserta keluarga besar gue pada waktu kumpul lebaran di rumah gue. Semua keluarga besar gue mengetahui akan hal ini dan yeah gue berhasil membawa keluarga gue pada peduli kesehatan level 7

Memang ini adalah rencana awal dan mimpi gue terhadap keluarga gue untuk tidak mengkonsumsi minuman yang berwarna atau bersoda. Mimpi gue supaya keluarga gue menjadi lebih sehat sudah menuju proses keberhasilan pencegahan. Paling tidak mereka sudah tidak ingin untuk menyentuh minuma-minuman tersebut apalagi mencobanya. Gue tekankan pada mereka bahwa, “minuman yang paling baik adalah air putih baik panas ataupun dingin”.

Alhamdulilah mereka menuruti apa yang gue presentasikan kepada mereka. Hal ini berlanjut luas ketika mereka ingin mencoba minuman lain, pasti mereka bertanya pada gue, “Kak, minuman ini boleh gak?” Dan gue bilang, “tetap minuman air putih lebih baik, kalau ingin mencoba silahkan sedikit saja paling tidak belatung yang tumbuh diperut kamu juga sedikit”. Ketika mendengar jawaban gue seperti itu mereka mengurungkan niat mereka untuk menyentuh minuman berwarna baru tersebut.

Maaf yah kalo terlalu berbeli-belit karena sedikit pusing dan mengantuk. Kesimpulan dari video tersebut bahwa minuman bersoda itu berbahaya selain mengandung bahan berbahaya yang dapat menghilangkan karat juga menimbulkan berbagai penyakit baru dan mengembangbiakkan belatung ditubuh anda, kalau tidak percaya klik aja keywordnya di youtube sekarang !

Kesimpulan perubahan ketiga bahwa perubahan itu terjadi karena adanya tahap dimana gue menyakinkan mereka untuk tidak minum minuman bersoda dan selalu memberikan arahan dan himbauan terhadap keluarga gue akan hal itu.

Kesimpulan dari semuanya bahwa banyak hal yang terjadi yang berkaitan dengan perubahan, baik itu buruk maupun baik. Bisa terjadi secara seketika ataupun karena proses itu tergantung dari perubahan tersebut. Intinya kita harus siap dengan adanya perubahan. Perubahan bisa terjadi satu menit kemudian atau tahun kemudian itu yang dinamakan seketika.

Sebagai pemuda Indonesia pesan gue tentang perubahan, hadapilah perubahan ini sebagai tantangan yang positif untuk memajukan Indonesia more creative dari negara lain. Pemuda Indonesia bisa hadapi perubahan :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ryan Permata Putri © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers